Retro artikel Sidimpuan Pernah Raih Kota adipura

 

Adalah kota Padangsidimpuan yang pernah mendapat penghargaan adipura.
Apa yang di maksud Adipura ? Sebuah penghargaan yang di berikan bagi kota di seluruh Indonesia yang telah berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.Sekilas informasi tentang sidimpuanartikel.blogspot.com adalah sebuah blog yang menyajikan artikel tentang kota padangsidimpuan.

Dalam postingan pertama sidimpuanartikel.blogspot.com akan membahas sedikit tentang kota padangsidimpuan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcsUKbrmhj1qKPksfC6r6nMYMYgVhxTrIeLPPgHASs9J-aRm77B9Ue26MdQZSCxykywSkzyxmctEqkFTkHFXwpPx70fDIcL_3Z8cmTc7M0jy7FR3mzm98vP9R43qnNvl8L7cFfu2ny6EGB/s1600/Sidimpuan+kota+adipura.JPG

Kota Padangsidimpuan adalah sebuah kota yang berada Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.
Kota Padang Sidempuan terkenal dengan sebutan Kota Salak dikarenakan di kota inilah para petani salak yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan (yang mengelilingi wilayah kota ini), terutama pada kawasan di kaki Gunung Lubukraya, menjual hasil panen mereka.

Nama kota padangsidimpuan berasal dari kata "Padang na dimpu"

Padang = hamparan luas Na  = yang, dan Dimpu = tinggi
Berarti " hamparan rumput yang luas yang berada di tempat yang tinggi." Pada zaman dahulu daerah ini merupakan tempat persinggahan para pedagang dari berbagai daerah, pedagang ikan dan garam dari Sibolga - Padang Sidimpuan - Panyabungan, Padang Bolak (Paluta) - Padang Sidimpuan - Sibolga.

No comments:
Write comments